Categories
Parenting

“Aku Mau Di Sekolah Ajah!” Bag3

Lama-kelamaan anak akan mengikuti juga. Kemudian di rumah juga buatlah kegiatan yang menyenangkan bersama anak. Tidak hanya membiarkan anak bermain sendiri, tetapi juga ikut bermain bersama-sama. Cari tahu apa saja yang biasa dilakukan si kecil di sekolah, ulangi kegiatan serupa di rumah, sekaligus melatih keterampilan anak yang ia peroleh di rumah.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Mulai bermain lilin, meronce, bermain kertas lipat, membaca buku bersama, dan sebagainya. Selanjutnya, secara berkala undang keponakan atau tetangga bermain ke rumah, sehingga anak punya teman bermain sepantaran. Bisa juga dengan mengajak anak pergi bersama sepupunya ke play ground. Pendek kata, variasikan kegiatan anak di rumah, sehingga ia tidak lekas bosan. Kombinasikan antara kegiatan indoor dan outdoor, sama seperti di sekolah. Sekalipun kita sibuk dengan pekerjaan, kita harus selalu meluangkan waktu berkegiatan bersama anak di rumah. Dengan demikian, anak mendapatkan perhatian penuh dari kita dan merasa lebih betah di rumah.

SI KECIL CEREWET! Bepergian dengan si kecil kini lebih “ramai”. Hampir sepanjang perjalanan, ia akan berceloteh dan bertanya ini itu. Rasanya gemas dan agak lelah juga harus menjawab semua pertanyaannya. Namun, jangan bersikap negatif dulu, Ma! Justru karena si kecil cerewet berarti ia mampu mengekspresikan semua yang ia pikir dan rasakan, serta tidak raguragu bercerita. Jadi, cukup dengarkan dan responslah dengan positif setiap perkataannya. Masa kecil tidak datang dua kali, lo. Mungkin saat anak nanti beranjak remaja, kita akan kangen dengan celotehannya yang sibuk mengomentari dan menanyakan semua hal!

MONKEY BAR ASAH KEMAMPUAN ANAK Sering melihat mainan panjat-panjatan alias monkey bar di halaman sekolah si kecil? Bagi sebagian mama, rasanya jantung mau copot melihat anak sibuk memanjat dan bergelantungan di mainan tersebut. Sementara sebagian besar papa malah sangat mendukung dan bertepuk tangan melihat anak berhasil mencapai titik tertinggi monkey bar. Jangan khawatir, Ma, mainan ini juga ada manfaatnya. Biasanya pada bagian bawah juga diberi pasir yang berfungsi sebagai pengaman. Monkey bar sangat membantu anak melatih tubuhnya, terutama kekuatan tangan serta koordinasi mata dan tangan. Kedua hal ini akan membantu persiapan anak menulis kelak. Selain itu, keberanian anak juga lebih terasah. Ia pun dapat melatih keseimbangan tubuhnya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *