Categories
Parenting

Berbagai Alasan Perlunya Menghindari Stres

Banyak penelitian mengungkap tentang stres saat hamil yang berdampak pada anak, baik selagi masih di kandungan maupun setelah lahir.  Studi menemukan adanya peningkatan risiko karies gigi pada anak yang dilahirkan dari Mama yang mengalami stres kronis selama kehamilannya. ‘ NUTRISI KE JANIN TERGANGGU.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Penelitian yang dimuat di Journal of Physiology mengungkap, stres bisa membuat hormon glukokortikoid meningkat. Akibatnya, mamil cenderung makan lebih banyak, tapi berat janin justru berkurang. Pasalnya seperti dijelaskan Dr. Owen Vaughan, yang memimpin penelitian tersebut, meningkatnya hormon glukokortikoid dapat menurunkan kemampuan plasenta untuk membawa glukosa ke janin, sehingga janin jadi kekurangan nutrisi.

TANGGAPAN PAKAR: Beberapa jurnal menemukan hubungan antara depresi, cemas, ataupun stres pada mamil dengan angka kejadian bayi berat lahir rendah. di jurnal tahun 2013 menyatakan stres pada mamil berpengaruh pada perkembangan janin hingga masa kanak-kanak dan masa dewasanya. Penelitian yang dipimpin Dr. Owen Vaughan ini dilakukan pada 2015 dan masih dilakukan pada hewan (tikus) sehingga tentunya akan berbeda hasilnya jika dilakukan pada manusia. Hormon glukokortikoid adalah hormon yang meregulasi metabolisme tubuh.

Kadar hormon glukokortikoid dapat meningkat jika stres, baik stres fisik/lingkungan sosial, penyakit, maupun kehamilan. Namun, sampai saat ini belum dapat dipastikan sampai sejauh mana kadar hormon glukokortikoid mamil dapat memengaruhi asupan glukosa dari Mama ke janin. Meski demikian, penelitian tersebut mengingatkan kita agar lebih peduli pada kesehatan psikologis mamil, bukan hanya kesehatan fisik.

Bila selama masa kehamilan ditemukan gejala dan tanda stres pada mamil, diperlukan kolaborasi interdisiplin ilmu antara dokter obgin dan dokter psikiatri agar dapat mengidentifikasi gejala, tanda, serta mengetahui tingkat stres mamil dan segera lakukan terapi, sehingga mamil dapat menjalani kehamilannya dengan baik dan bahagia. ‘ ANAK MENGALAMI KARIES GIGI. Studi yang dikepalai oleh Dr. Wael Sabbah dari Dental Institute, King’s College London, Inggris, menemukan adanya peningkatan risiko karies gigi pada anak yang dilahirkan dari Mama yang mengalami stres kronis selama kehamilannya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *