Categories
Uncategorized

PUASA NGOMONG

SAAT tengah semangat-semangatnya mengisi suara karakter Clare dalam film Jurassic World, ternyata Mendya Barends Sarmanella, 44 tahun, malah kehabisan suara. Apa akal? Tak ada jalan lain, sesuai dengan saran dokter, dia harus, ”Istirahat dua hari, minum obat, dan bicara lewat tulisan saja,” ujar penyiar radio yang akrab disapa Indy Barends ini, dua pekan lalu. Untunglah sang sutradara sulih suara cukup sabar menantinya hingga sembuh. Tidak hanya itu, dia juga sabar terhadap beberapa kesalahan Indy selama proses mengisi suara tersebut.

”Susah banget. Saya harus menyesuaikan bahasa Inggris ke Indonesia, mengatur suara, ketepatan bunyi, dan bentuk mulut,” kata Indy. Apalagi ini memang pengalaman pertama Indy melakukan sulih suara. Tantangannya memang besar karena Clare berkarakter lemah lembut. Ini agak bertolak belakang dengan Indy, yang dikenal lincah dan ceplasceplos. Dia sempat diancam putranya, Rafa, 12 tahun, agar bagus dalam mengisi suara.

Mau tak mau Indy harus total menuntaskan proyek ini. Akhirnya semua dapat dilalui, tapi rupanya ia masih terkesan oleh suaranya yang hilang itu. ”Enggak suka. Kesel, Buuu, ha-ha-ha…!” JALAN 20 KOTA MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, 53 tahun, punya program penting, yakni mengubah pola konsumsi masyarakat dalam menggunakan energi. Tapi Pak Menteri punya cara menyenangkan untuk menyukseskan program serius itu: menggelar kampanye dengan acara jalan kaki santai di 20 kota. Tentu saja tidak bersamaan, tapi dilakukan bergilir.

Start pertama dilakukan di Jakarta pada Ahad, 15 Mei lalu. ”Kami ingin orang sadar, energi itu ada harganya, sehingga mereka tak terlalu boros,” kata Sudirman, yang hari itu mengenakan kaus merah dan celana olahraga hitam. Tentu Sudirman tak berjalan sendiri. Ada ratusan peserta yang ikut. Di antaranya mantan Menteri Pertambangan Subroto, 93 tahun, yang mengikuti acara dengan kursi rodanya.

Semangat boleh membara. Tapi menyusuri jalur Jalan Merdeka Selatan, M.H. Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, dan kembali ke kantor kementerian membuat Sudirman lumayan ngos-ngosan. ”Saya jarang berolahraga. Makanya ini (jalan sehat) lumayan juga,” ujar Sudirman seraya mengusap perutnya. ”Kalah set” di acara jalan, dia menebusnya dengan ikut bergoyang saat penyanyi di panggung menembangkan lagu Cucak Rowo. Tariiik, Pak Menteri…!

Website : kota-bunga.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *