Categories
News

Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Penyakit Gondongan

Ini membantu untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat dari penyakit gondongan. Mengompres dingin menggunakan es batu yang dibalut dengan kain kemudian diletakkan pada area pembengkakan selama 10 menit setiap 2-3 jam jika ingin dilakukan lebih lanjut.

 Meminum obat
Bisa membeli obat di apotek untuk mengatasi demam dan nyeri. Tapi ingat obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit gondongan hanya membantu untuk meredakan demam dan mengurangi nyeri.

Mungkin sebagian dari kita belum tahu dan bertanya. “Apa itu penyakit gondongan?” Penyakit gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama Paramyxovirus yang terjadi pada kelenjar parotis. Kelenjar parotis adalah kelenjar ludah yang berfungsi untuk menghasilkan air liur.

Banyak orang yang berpikir bahwa penyakit gondongan dengan gondokan adalah sama, padahal keduanya merupakan penyakit yang berbeda.

Jika penyakit gondongan menyerang kelenjar parotis, sedangkan gondokan menyerang pada kelenjar tiroid. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang penyakit gondongan dan solusi untuk menanganinya. Yuk kita simak bareng-bareng..

Penyakit gondongan adalah penyakit yang umum terjadi di Indonesia dan biasanya terjadi pada anak yang berusia 2-12 tahun.

adi buat teman-teman yang punya anak atau keluarga yang berusia 2-12 tahun harus lebih waspada nih karena bisa jadi penyakit gondongan akan menyerang mereka.

Namun bagi yang sudah terkena penyakit gondongan tidak perlu khawatir karena penyakit gondongan merupakan jenis penyakit self limiting disease yaitu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus ada pengobatan.

Apa Sajakah Gejala-Gejala Penyakit Gondongan?

Gejala dari penyakit gondongan pada anak dapat berupa kelelahan, sakit kepala, nafsu maka turun, dan demam. Untuk demam sendiri bisa mencapai suhu 40 derajat celcius.

Penyakit gondongan juga merupakan penyakit yang dapat menular. Penyakit ini bisa menyebar baik melalui kontak langsung ataupun melalui udara.

Nah, ada cara yang lebih baik tentunya sebelum kita terserang oleh penyakit gondongan yaitu dengan cara pencegahan. Pencegahan yang dimaksud disini adalah dengan melakukan vaksinasi.

Sebaiknya ketika memiliki anak yang masih berusia 15-18 bulan sudah melakukan vaksinasi MMR (mumps, measle, rubella) di puskesmas. Mumps atau penyakit gondongan bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi MMR.

Demikian solusi maupun berbagai macam cara yang bisa kita terapkan untuk mengatasi penyakit gondongan yang bisa Anda lakukan dirumah, selamat mencoba dan Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.